Terima Audensi Konsul Jenderal Tiongkok, PJ. Gubernur Bali Terima Undangan Pamerkan Produk Tani Bali di Tiongkok

DENPASAR – Penjabat (PJ) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya menerima audiensi Konsul Jenderal Tiongkok di Denpasar Zhang Zhisheng, terkait pembahasan hubungan kerjasama Bali-Tiongkok yang selama ini telah terjalin dengan baik. Audiensi tersebut berlangsung di Jaya Sabha, Kediaman Gubernur Bali, pada Senin (13/5).

Dalam kesempatan tersebut Konsul Jenderal Tiongkok di Denpasar Zhang Zhisheng menyampaikan terimakasih atas jalinan hubungan kerjasama yang baik selama ini antara Indonesia-Tiongkok khususnya Bali-Tiongkok baik dalam hubungan pariwisata, budaya, pendidikan maupun ekonomi. Diharapkan kedepannya, hubungan baik ini dapat terus terjalin dengan erat. Terkait di bidang ekonomi khususnya pada produk tani, pihaknya setiap bulan November selalu mengadakan exhibitions khusus produk-produk tani di seluruh dunia yang diekspor ke Tiongkok. Diharapkan Pemprov Bali dapat mengikuti pameran tersebut, sehingga hasil tani Bali yang belum diketahui oleh negara luar dapat mengenalnya pada saat pameran tersebut. “Sedangkan terkait pariwisata kami akui dari 2022-2023 memang sedikit orang Tiongkok yang berwisata, namun tahun 2024 kami perkirakan sebanyak 40 ribu orang Tiongkok akan berwisata kami harap hal ini bisa berdampak positif bagi Bali,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Penjabat (PJ) Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang baik antara Bali dan Tiongkok, hal tersebut tidak luput dari hubungan erat sejarah antara Bali dan Tiongkok yang sampai saat ini masih dihormati. Diharapkan dengan apa yang telah dijalankan selama ini, dapat terus ditingkatkan dan dijalin lebih erat.

Terkait undangan pameran produk tani, Pj. Gubernur Mahendra sangat menyambut baik program tersebut dan jika tidak ada halangan maka Bali akan mengirim kandidat untuk mengikuti pameran tersebut. Salah satu produk yang akan dikenalkan antara lain salak dan manggis yang memang memiliki ciri khas dari Bali.

“Kami memiliki banyak produk tani yang sangat unggul dan kami siap untuk memamerkan nya di luar, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap nilai ekonomi para petani bali,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, Kepala Bappeda Provinsi Bali Ika Putra, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini dan Analis Kebijakan Ahli Muda Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali Ni Putu Susi Lestari.

Skip to content