Senin, 25 September 2017

MENHAN AJAK NEGARA ANGGOTA ICMM WUJUDKAN PERDAMAIAN DUNIA MELALUI KESEHATAN

Senin, 25 Mei 2015



Kongres Dunia Kedokteran Militer ke 41 atau International Committe on Military Medicine (ICMM) yang dilaksanakan di Bali sejak 18 Mei lalu secara resmi ditutup oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Riyamizard Ryacudu yang didampingi Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, bertempat di BNDCC-Nusa Dua pada Jumat(22/05). Dalam kesempatan tersebut, Riyamizard mengajak peserta kongres untuk tetap menjaga perdamaian dunia khususnya melalui bidang kesehatan. Mengingat kesehatan terutama bidang kedokteran militer merupakan hal pokok dan wajib yang harus dimiliki sebuah negara sebagai salah satu bentuk pertahanan dan keamanannya. Ia berharap hasil kerjasama yang dihasilkan dalam kongres yang digelar selama lima hari di Bali ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Sejumlah dialog dalam bentuk konferensi panel, meja bundar dan pertemuan bilateral. Diantaranya pertemuan bilateral antar Indonesia dengan pimpinan delegasi dari Tunisia, Perancis, Belgia, Turki, Iran, Qatar dan Republik Korea guna membahas sumber daya pertahanan indonesia di bidang medis militer dalam forum ini. Ia berharap dengan penjajakan yang telah dilakukan ini dapat menghasilkan hal positif bagi Indonesia dan negara-negara anggota. Sebagai penutup sambutannya, ia menyampaikan apresiasi atas telah terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar dan berharap ICMM mendatang yang akan digelar di New Dehli-India pada tahun 2017 nanti, juga dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

Sementara itu Sekretaris Umum dari ICMM Roger Van Hoof, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Daerah Bali yang telah mendukung terselenggaranya kongres ini. Ia mengungkapkan bahwa terdapat berbagai kerjasama dan keputusan yang dihasilkan dalam kongres dunia ini, seperti bergabungnya Negara Iran dan Palestina sebagai anggota baru dari ICMM. Selain itu, kerjasama dalam bidang penanganan penyakit menular serta pelatihan medis kemiliteran juga telah diberikan pada kongres ini. Oleh karenanya, ia berharap para negara anggota ICMM dapat menjaga solidaritasnya dalam menjaga perdamaian dunia.