Senin, 25 September 2017

Lepas Peserta Color Run, Pastika Ajak Anak Muda Sukseskan Sensus Ekonomi

Senin, 25 April 2016



Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak kalangan generasi muda berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) Tahun 2016. Ajakan tersebut disampaikannya saat melepas peserta color run yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali di Sisi Timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Minggu (24/4).
Pastika mengapresiasi langkah BPS Bali merangkul kalangan generasi muda dalam mensosialisasikan pelaksanaan SE yang akan berlangsung mulai 1 hingga 31 Mei 2016 mendatang. Dengan penguasaan media komunikasi yang cukup luas, Pastika menilai anak muda merupakan media sosialisasi yang cukup efektif. Dia berharap, generasi muda ikut memantau pelaksanaan program nasional ini agar dapat menghasilkan data ekonomi yang valid dan akurat. Menurutnya, pelaksanaan sensus ekonomi menjadi kunci utama dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Dia mengibaratkan data yang dihasilkan dari kegiatan sensus sebagai peta dan kompas yang sangat menentukan arah pembangunan. "Tanpa data yang akurat, kita bisa saja tersesat dalam menentukan arah pembangunan. Kita tak bisa merancang sebuah kebijakan hanya didasari dengan perasaan," ujarnya.
Selain menjadi dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan, data sensus ekonomi juga akan sangat berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi. "Data akurat yang diperoleh dari hasil sensus akan menjadi pedoman dalam menentukan arah kebijakan yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi," ucapnya. Mengingat pentingnya manfaat SE, Pastika meminta masyarakat khususnya pelaku usaha dapat memberikan data apa adanya, bukan ada apanya. Dia menaruh harapan besar kepada para anak muda yang ikut dalam kegiatan color run untuk menyampaikan informasi terkait pelaksanaan sensus pada orang tua dan anggota keluarga lainnya.
Harapan senada juga disampaikan Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho. Pihaknya sengaja memanfaatkan minggu terakhir sosialisasi dengan kegiatan yang melibatkan anak muda. "Saya minta dukungan anak muda Bali untuk menyukseskan sensus ekonomi tahun ini. Sampaikan pada keluarga yang punya kegiatan usaha untuk memberi jawaban apa adanya dan sebenar-benarnya kepada petugas sensus kami," pintanya. Color run BPS Bali diikuti ratusan peserta yang didominasi kalangan anak muda. Pastika melepas peserta color run dengan menaburkan bubuk berbagai warna.