Senin, 25 September 2017

HUT IGTKI-PGRI KE-65. PASTIKA INGATKAN KONSEP PENGALAMAN NYATA UNTUK BANGUN KREATIFITAS ANAK

Senin, 25 Mei 2015



Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan anak didik pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Proses pendidikan dan pembelajaran pada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan memberikan konsep yang bermakna bagi anak berupa pengalaman nyata, karena hanya pengalaman nyatalah yang memungkinkan anak menunjukkan aktifitas dan rasa ingin tahu secara optimal . para guru diminta dapat menempatkan posisinya sebagai pendamping dan pembimbing serta fasilitator bagi anak. Demikian sambutan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, yang dibacakan Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta saat menghadiri HUT ke-65 IGTKI-PGRI Provinsi Bali, di Lapangan Puputan Margaran Niti Mandala Denpasar,Sabtu (23/5).

Menurut Pastika, Usia Dini merupakan periode perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan manusia yang disebut masa emas karena bukan hanya pada aspek kecerdasan saja akan tetapi pada semua aspek perkembangan yang mencangkup moral spiritual, fisik motorik, sosial emosional, kognitif, bahasa dan estika akan berkembang. Untuk itu, pemerintah telah melaksanakan berbagai upaya dalam memberikan layanan pendidikan pada usia dini baik melalui pendidikan formal, nonformal maupun informal. Ia juga menyampaikan taman kakan-kanak merupakan pendidikan yang sangat strategis sebagai pondasi yang sangat mendasar serta kuat yang dibangun secara bertahap dan hati-hati agar tidak terjadi keretakan sehingga bangunan itu menjadi kuat dan kokoh. Pastika berharap pondasi yang kuat dan kokoh tersebut akan dapat tertanam pada anak-anak bangsa ini yang kelak dikemudian hari akan menjadi generasi penerus cerdas dan bertanggungjawab. Atas nama Pemerintah Provinsi Bali, Pastika, mengucapkan selamat HUT IGTKI-PGRI ke-65 serta mengucapkan terima kasih atas partisipasi IGTKI-PGRI didalam memajukan Pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan IGTKI-PGRI ke-65, Gusti Ayu Mas Sutrini menyampaikan perayaan HUT IGTKI-PGRI tahun ini dirangkaikan dengan perayaan Hari Pendidkan Nasional tahun 2015 yang mengambil tema “Melaui HUT IGTKI-PGRI Kita Tingkatkan Kompetensi Guru TK dalam Membentuk Karakter Anak Menuju PAUD yang berkualitas dengan melibatkan Orangtua.” Ia menambahkan dalam kegiatan perayaan ulang tahun kali ini diikuti oleh 1479 orang yang berasal dari guru TK Kabupaten/Kota se-Bali.
Sedangkan Sambutan Ketua Umum PP IGTKI-PGRI yang dibacakan oleh Ketua IGTKI-PGRI Provinsi Bali, Tjokorda Istri Mas Mingguwatini menyampaikan kepada pengurus IGTKI-PGRI Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk proaktif dan senantiasa menjadi pioner dalam pembaharuan, berani melakukan terobosan-terobosan dalam pengelolaan organisasi secara efektif, dinamis dan kreatif dan menempatkan diri dibarisan terdepan didalam organisasi yang ada di PAUD. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua guru TK karna berkat loyalitas, komitmen dan kesadaran dalam berorganisasi IGTKI tumbuh dan berkembang semakin solid dan senantiasa berkarya dengan baik da efektif.
Dalam peringatan HUT IGTKI-PGRI ke-65 juga dihadiri Anggota DPD RI, Ketua DPRD Provinsi Bali yang diwakilkan Komisi IV, Ketua GOPTKI Provinsi Bali, Ketua HIMPAUDI Provinsi Bali, Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Bali, serta para Guru TK se-Bali.