Senin, 25 September 2017

BUKA PEMERAN KERAJINAN PESONA BUDAYA TMII NY.AYU PASTIKA INGIN KERAJINAN BALI MAKIN EKSIS DI KANCAH NASIONAL

Senin, 25 Mei 2015



Sejalan dengan kian bergairahnya sektor pariwisata, industri kerajinan Bali pun berkembang pesat. Perkembangan positif ini diharapkan tak membuat para pengrajin terlena dan menyurutkan upaya promosi. Sebaliknya, hal tersebut diharapkan memacu mereka untuk terus menggali dan mengembangkan potensi agar tak kalah dalam persaingan. Harapan tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika saat membuka pameran kerajinan serangkaian paket khusus Pesona Budaya Provinsi Bali 2015 di Anjungan Daerah Bali, TMII Jakarta, Jumat (22/5).

Ayu Pastika menambahkan, kesempatan yang diberikan manajemen TMII harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempromosikan berbagai produk kerajinan Bali. Karena, TMII sebagai show window potensi budaya dan ekonomi Indonesia dinilai cukup efektif bagi upaya promosi hasil produk kreatif perajin Bali. "Masyarakat se-Jabodetabek yang tak sempat datang ke Bali, bisa mengunjungi pameran ini untuk lebih mengenal budaya dan kerajinan Bali," ujar wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Bali ini.

Pameran kali ini menampilkan 16 peserta dengan berbagai jenis komoditas kerajinan sebagai representasi seni kerajinan yang ada di Bali. Selain itu, Ayu Pastika juga berinisiatif menampilkan para kader PKK dari 9 Kabupaten/Kota yang memamerkan kuliner khas dari wilayah masing-masing.

Melalui kegiatan pameran ini, Ayu Pastika berharap para pengrajin dan kader PKK mendapatkan tambahan wawasan dan pengalaman sehingga makin mamacu daya inovatif dan kreativitas mereka. Lebih dari itu, kegiatan semacam ini diharapkan mampu melahirkan hasil kerajinan yang bermutu sebagai modal untuk menghadapi persaingan global. Ayu Pastika yang sempat meninjau stand pameran cukup bangga dengan hasil karya yang ditampilkan oleh para perajin. Menurutnya, produk tenun yang ditampilkan kaya dengan motif baru dengan teknik pewarnaan yang makin sempurna. Dia berharap, kreativitas dan inovasi ini terus dipacu untuk menghasilkan karya yang lebih baik. Selaku Ketua Dekranasda Bali, dia punya komitmen untuk melestarikan dan mengembangkan 3000 motif endek dari seluruh kabupaten/kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Berata selaku ketua panitia Pesona Budaya melaporkan, kegiatan ini merupakan bagian dari promosi kebudayaan dan pariwisata Bali. Kegiatan yang memamerkan hasil seni dan kerainan ini juga menjadi bagian dari upaya lebih memfungsikan anjungan Bali di TMII. Dia berharap, kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempromosikan budaya dan produk kerajinan Bali. Pesona budaya berlangsung selama dua hari, dimeriahkan oleh pameran produk kerajinan dan kuliner serta pementasan seni.

Pembukaan pameran pesona budaya juga dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Direktur Operasional TMII Ade F. Meyliala, Ketua Komisi IV DPRD Bali Gede Kusuma Putra dan Rektor ISI Dr. I Gede Arya Sugiartha.