Senin, 30 Nopember 2009

Tindak Lanjut Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2009

Kebijakan pemerintah tentang pendidikan yaitu dengan menyusun program-program kegiatan yang langsung menyentuh peserta didik yang meliputi Perluasan dan Pemerataan Akses, Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing. Berkaitan dengan program tersebut maka mengembangkan Governance, Akuntabilitas serta Pencitraan Publik akan menjadi perhatian khusus pemerintah. Dari beberapa program pemerintah tersebut maka target yang harus dicapai oleh pemerintah dirumuskan kedalam istilah ” Tonggak-Tonggak Kunci Keberhasilan, salah satu diantaranya adalah Pencapaian Akreditasi . Demikian dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga / Disdikpora Provinsi Bali, I Wayan Suasta, SH saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi seminar’ Tindak lanjut hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah tahun 2009, yang diselenggarakan oleh Disdikpora Provinsi Bali bertempat di Hotel Inna Bali, Jalan Vetran Denpasar, tanggal 18 November 2009.

Lebih lanjut KaDisdikpora Provinsi Bali, menjelaskan bahwa komponen-komponen utama sebagai pendukung kegiatan akreditasi diharapkan untuk selalu mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah yang begitu cepat mengalami perubahan.

Lembaga akreditasi yang berintikan para Asesor berkedudukan sebagai lembaga penyeimbang pemerintah, karena tingkat keberhasilan pemerintah akan diketahui setelah adanya pengakuan dan penilaian serta memiliki kekuatan hukum dari Akreditasi itu sendiri. KaDisdikpora berharap kepada Asesor sebagai pengawas dilapangan agar tetap memegang teguh 8 SNP ( Standar Nasional Pendidikan ), sesuai dengan PP No. 29 Tahun 2005 sebagai landasan kita dalam rangka peningkatan mutu pendidikan agar para lulusan mampu bersaing di era milenium ini. Selanjutnya diharapkan pula pelaksanaan Seminar yang dilaksanakan dari tanggal 18 sampai dengan 19 November 2009 mampu menghasilkan keputusan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan sebagai wujud komitmen kita bersama.

Pada acara tersebut Panitia penyelenggara melaporkan bahwa penyelenggaraan seminar ini bertujuan untuk melihat dan membahas paparan hasil Akreditasi Sekolah / Madrasah tahun 2009 baik peta kekuatan dan kelemahan berdasarkan delapan standar Nasional Pendidikan. Peserta yang diundang adalah berjumlah 50 orang, terdiri dari unsur anggota BAP – S/M – 13 orang, unsur Kurikulum Disdikpora Kab / Kota – 9 orang, Unsur UPA Kab / Kota – 9 orang, unsur TOT – 8 orang, unsur instansi terkait – 5 orang dan unsur kepala Sekolah – 6 orang dan mengundang dua nara sumber yaitu dari BAN – S/M pusat, Prof. DR. H. Muhammad Fakry Gaffar M.Ed dan Prof. DR. Wayan Maba, M.Pd. Pembiayaan seminar ini bersumber dari anggaran Balitbang Depdiknas RI tahun 2009.

Help Desk

Keluhan Masyarakat

Statistik Website :