Kamis, 22 Nopember 2007

Sosialisasi Kesadaran Bela Negara

Dalam rangka mewujudkan optimalisasi pendayagunaan potensi sarana dan prasarana nasional untuk mendukung kepentingan pertahanan negara, maka Departemen Pertahanan RI. Kamis (22/11), menggelar Sosialisasi Bela Negara dan Asistensi Binsarprasnas dibuka Gubernur Bali yang diwakili Wakil Gubernur Bali Kesuma Kalakan di Gedung Wiswa Sabha Utama Setda Bali.

Dra. Endang Purwaningsih,MSi. Kasi Metode Dephan RI. selaku panitia penyelenggara kegiatan mengatakan dalam laporannya mengatakan, tujuan dari sosialisasi Bela Negara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Aparat Birokrat dan bela negara sebagai bagian dari Sistem Pertahanan Negara sekaligus s ebagai landasan berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Gubernur Bali dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil gubernur Bali Kesuma Kalakan mengungkapkan, selaku kepala daerah menyambut baik kegiatan yang diprakarsai Dephan RI. dinilai sebagai momentum yang sangat strategis, dalammenumbuhkan kembangkan kesadaran setiap warga negara akan hak dan kewajibannya untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

Lebih jauh Gubernur mengungkapkan, bahwa upaya pembelaan negara dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk oleh setiap warga negara, dengan tidak membedakan asal-usul yang berdasarkan suku, ras, agama, keturunan, dan daerah, namun terpenting adalah pengabdian setiap warga negara sesuai dengan kemapuan dalam bidang profesinya masing-masing. Program pengembangan bela negara tersebut dirasakan semakin relevan , bila dikaitkan dengan menurunya kadar wawasan kebangsaan Indonesia dan kesadaran bela negara terutama beberapa tahun yang lalu, yang saat itu dengan gejala terdapatnya berbagai konflik kekerasan kolektif, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal d an melemahnya semangat persatuan dan kesatuan, serta dirasakan menurunnya kebanggan bangsa kita sebagai bangsa Indonesia.

Sosialisasi Pembinaan bela Negara berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 23 Nopember 2007 dengan jumlah peserta 85 0rang terdiri dari unsur Perwira TNI, polri, aparat Pemda, BUMN/D dan Swasta di Wilayah Bali. Sebagai narasumber sosialisasi adalah dari Dirjen Pothan Dephan RI, dengan materi yang disampaikan Kebijakan Dan Strategi potensi Pertahanan, Direktur Jenderal PKBN Dephan RI. Brigjen TNI Dasiri musnar dengan materi Pola Pembinaan Kesadaran Bela Negara, RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara oleh Soesditjen Pothan Dephan, dan Laksmana Istiyadi dengan materi Asistensi pembinaan dan Pendayagunaan Potensi Sarana dan Prasarana Nasional untuk Kepentingan Pertahanan Negara.

Help Desk

Keluhan Masyarakat

Statistik Website :