Sabtu, 16 Juni 2012

GUBERNUR BALI DILUKIS GUNARSA DI ARENA PKB

 Memasuki hari ke-6 pelaksanaan PKB XXXIV di Taman Budaya Provinsi Bali, pada Sabtu (16/6) berlokasi di Kalangan Ratna Kanda, digelar demo melukis oleh maestro seni Bali, Nyoman Gunarsa. Tampak hadir pada acara tersebut, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, Sekda Provinsi Bali, I Made Jendra, SH dan beberapa pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, serta disaksikan oleh masyarakat pengunjung PKB lainnya.
Sebelum aksi demo lukis dimulai, Gubernur Bali juga menyempatkan diri berkeliling memantau stand-stand PKB di lingkungan Ksirarnawa. Gubernur tampak sangat antusias melihat seni lukis kartun oleh para kartunis Bali di Stand Asosiasi Media Bali, yang terletak di bawah Gedung Ksirarnawa. Gubernur memberikan apresiasinya kepada para kartunis ini. “Kartunis itu bukan hanya pintar menggambar tetapi juga memiliki daya kritik sosial yang luar biasa. Mereka mampu menyajikan kritik tapi dengan lucu, sehingga orang melihat dapat tersenyum walaupun kritik itu bersifat pahit. Jadi kartunis itu adalah orang-orang yang genius. Kartunis bisa membuat gambar yang sederhana tetapi berbicara banyak hal," ujar Pastika. Bahkan Gubernur tampak begitu serius melihat-lihat produk yang dipajang di stand Asosiasi Media Bali ini dan sempat membeli beberapa produk hasil karya anggota Asosiasi Media Bali.
Setelah melakukan pemantauan pameran, Gubernur beserta pejabat lain yang berkesempatan hadir saat itu, menuju Kalangan Ratna Kanda. Disini pun Gubernur kembali memberikan apresiasi terhadap Sang Maestro, Nyoman Gunarsa yang akan menampilkan aksinya menggambar sketsa. “Pak Gunarsa ini seorang Maestro Seni kebanggaan kita yang sangat dinamis. selalu mampu tampil di segala kondisi. Memang itulah seharusnya, kita harus mampu selalu dinamis, karena mau tidak mau, perubahan itu selalu berjalan dan tidak bisa berhenti. Kalau kita kaku, maka tidak akan berkembang," kata Pastika.
Selanjutnya, sebagai pembuka acara demo lukisnya, Sang Maestro memohon Gubernur Bali untuk menjadi model lukisannya, kemudian diikuti oleh Sekda Provinsi Bali, I Made Jendra, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, lalu beberapa pimpinan SKPD dan penonton secara bergantian serta dipilih secara acak, bahkan termasuk 2 orang wisatawan manca negara yang kebetulan menonton demo ini juga didaulat untuk menjadi model. Hasil lukisan mendapat apresiasi yang luar biasa dari penonton dan Sang Maestro menyerahkan lukisan ini kepada pihak Taman Budaya.

Help Desk

Keluhan Masyarakat

Statistik Website :